Health

Tas Wanita Ternyata Lebih Kotor Dibandingkan Toilet

Written by Satrio Elang
JERMAN - Toilet dikenal sebagai tempat paling kotor dan menyimpan banyak bakteri. Namun, sebuah penelitian di Jerman mengungkapkan, bahwa tas wanita merupakan benda yang paling kotor. Bahkan, melebihi toilet.

Hal ini disebabkan oleh beragam benda yang dibawa wanita dalam tas. Mulai dari dompet, ponsel, peralatan kosmetik, botol minum hingga makanan. Akibatnya, tas pun berpotensi menyimpan banyak bakteri berbahaya dibandingkan toilet.

Dilansir dari Daily Mail, penelitian di Jerman menemukan ada 10 ribu jenis bakteri pada tas. Pemilik My Bag Spa, Alex How mengungkapkan, bahwa sejak membangun bisnis spa khusus perawatan tas, ia kerap menemukan remahan makanan, sampah hingga urin ajing dan kucing dalam tas.

"Urin anjing dan kucing adalah yang terburuk sehingga kami harus memakai sarung tangan dan masker untuk menyingkirkan baunya kalau tidak kulit kami akan gatal-gatal. Beberapa pelanggan membuang sampah di tas dan benar-benar lupa akan itu," papar Alex.

Selain itu, Alex juga menemukan sisa makanan, saus, noda wine dan puntung rokok yang sudah bertahun-tahun. Tentunya, tas tersebut dalam keadaan yang buruk. Namun, tak hanya hal tersebut yang memicu banyaknya bakteri pada tas tapi juga tangan bisa menyebarkan bakteri ke dalam tas.

Bakteri dari tangan akan menempel pada pegangan tas, jahitan dan bagian depan tas. Sementara, manager perusahaan jasa pembersih asal Sydney, Australia, Roxanna Pelka mengatakan, jika dibiarkan terus menerus tas akan lebih kotor dibandingkan toilet. Padahal, kamar mandi dan toilet biasanya dibersihkan seminggu sekali, atau minimal satu bulan sekali.

Berdasarkan data Science World Report pada tahun 2013 mengungkapkan, bahwa aktivitas mikroba pada tas tangan 10 kali lebih banyak dibandingkan dudukan toilet. Namun kondisi ini tak di alami semua tas. Pasalnya, tingkat kekotoran tas berbeda dan tergantung pemakainya.

Untuk mengatasi tumbuhnya bakteri pada tas, pastikan selalu simpan makanan di kotak makan kedap udara sebelum Anda memasukkannya ke dalam tas. Sedangkan, jika berada di toilet, gantung tas di alat gantung di belakang pintu toilet.

Pastikan juga Anda tidak menyimpan sampah di dalam tas. Biasakan juga rutin membersihkan tas dan tidak menyimpan sampah dalam tas. Alternatif lainnya adalah, selalu cuci tangan atau pakai hand sanitizer sebelum menyentuh tas.



(nfl)
dibaca 2.982x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.