Music

Terbebani Kesuksesan Gangnam Style, Psy Rilis Daddy

Written by Satrio Elang
SEOUL - Psy kembali menggebrak dunia musik internasional dengan meluncurkan album terbarunya, 7th Album Cider, pada Senin (30/11/2015). Single andalan dari album ini adalah lagu berjudul Daddy.

Selain itu, ada satu lagu, ROCKnROLLBABY, yang merupakan hasil kolaborasi Psy dengan rapper asal Amerika Serikat, will.i.am. Psy berharap album itu dapat mengikuti kesuksesan yang dia raih sebelumnya lewat Gangnam Style yang video klipnya berhasil memecahkan rekor di YouTube.

“Album ini berdasarkan musik dance dan memasukkan elemen sejumlah genre seperti EDM (electronic dance music), hip hop, funk, medium tempo, dan trap, yang saat ini memang populer,” ungkap Psy, seperti dikutip Reuters.

Tak hanya musiknya yang beragam, rapper asal Korea Selatan (Korsel) itu juga memasukkan sejumlah emosi di dalamnya. “Saya juga berusaha menarik banyak emosi seperti kebahagiaan, amarah, kesediahan, kegembiraan, cinta, benci dan keserakahan,” papar penyanyi berusia 37 tahun itu.

Dia menjelaskan, lagu ROCKnROLLBABY sudah direkam jauh-jauh hari. “Bagiannya (will.i.am) sudah direkam pada 2013. Sudah lama sekali. Pada saat itu, kami sering bertemu dan memutuskan bertukar lagu,” ujar Psy.

Psy juga mengakui kesuksesan besar Gangnam Style menjadi beban baginya. “Saya ingin menolak membandingkan album baru ini dengan Gangnam Style. Ini adalah beban yang begitu berat bagi saya. Saya harap kalian mendengarkan Napal Baji dan Daddy sebagaimana lagu itu,” pinta Psy.

Lagu Daddy adalah single pertama yang diluncurkan Psy dari album itu. Video klipnya pun sudah dirilis dengan menampilkan CL dari 2NE1.

Tapi, agak sulit untuk tidak membandingkan Daddy dengan Gangnam Style seperti yang diminta Psy. Video kedua lagu itu punya tema yang hampir sama. Dalam video klip Daddy, Psy, yang berperan menjadi tiga orang sekaligus—anak kecil, dirinya sendiri dan seorang pria tua, memamerkan sejumlah gerakan tarian aneh tapi energik. Di video Gangnam Style, Psy memamerkan gerakan tarian aneh mirip orang naik kuda yang kemudian menjadi viral.

"Hey, where'd you get that body from?/ Where'd you get that body from?/ Where'd you get that body from?/ I got it from my daddy/ I got it from my daddy/ I got it got it," begitu cuilan lagu Daddy yang dinyanyikan Psy dan CL secara bergantian.

Lebih lanjut, Psy menuturkan, kesuksesan Gangnam Style juga membuatnya menghabiskan waktu lama untuk kembali menelurkan karya baru. “Ada banyak pikiran berputar di kepala saya, termasuk pikiran seperti Kalau saya menulis seperti ini, ini tidak akan sebaik Gangnam Style, dan kalau saya menulis seperti ini, audiens internasional tidak akan paham. Jadi saya butuh waktu lama untuk mengatur semua pikiran saya itu menjadi satu,” beber Psy.

dibaca 3.767x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.