Travelista

Tips Menginap Di Hostel Saat Liburan Tahun Baru

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Akhir tahun telah datang. Berlibur menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu. Agar liburan bersama orang terkasih berjalan dengan lancar, pastikan Anda telah mempersiapkan semuanya. Mulai dari destinasi yang akan dikunjungi hingga tempat menginap.

Nah, bagi Anda yang ingin berlibur namun tetap hemat, hostel bisa menjadi pilihan tepat untuk menginap. Selain bisa bertemu banyak wisatawan lain, berbagai hal gratis juga bisa Anda dapatkan. Seperti informasi gratis dan mudah memesan kamar.

Berikut tips menginap di hostel saat musim liburan yang dikutip dari Mister Aladin.

1. Membaca review
Meski mudah ditemukan, namun pastikan Anda tidak salah memilih hostel. Baca secara teliti semua review hostel incaran Anda. Biasanya, beberapa orang yang pernah menginap akan menulis kesan dan pesan. Jika banyak yang mengeluh soal pelayanan dan keadaan hostel, sebaiknya urungkan niat untuk menginap di hostel tersebut.

2. Booking untuk satu malam dahulu
Berbagai hal bisa terjadi saat berlibur. Terutama ketika Anda menginap di hostel, dengan tipe kamar asrama. Anda harus tidur satu kamar bersama wisatawan lainnya. Nah, agar terhidar dari kecewa, Anda bisa booking hostel hanya untuk satu malam dahulu. Namun jika memuaskan, Anda bisa memperpanjang kamar tersebut.

3. Pilih kamar sesuai dengan kebutuhan
Seperti diketahui, hostel merupakan tempat menginap seperti kamar asrama. Anda akan tidur satu kamar dengan wisatawan lain dan berbagi fasilitas bersama. Bahkan, tak jarang ada hostel yang mempersilahkan pria dan wanita tidur dalam satu kamar. Jika merasa tidak nyaman, Anda bisa memilih hostel yang menyediakan kamar khusus pria atau wanita.

4. Membawa peralatan pribadi
Pastikan Anda membawa peralatan pribadi. Seperti sabun, sampo, sikat gigi, handuk dan pengering rambut. Pasalnya, hostel tidak menyediakan hal tersebut. Jangan lupa bawa sendal pribadi. Pasalnya, Anda tidak tahu berapa bakteri yang ada di kamar mandi hostel tersebut.

5. Penutup kuping dan mata
Jika menginap di hostel, Anda akan bertemu banyak wisatawan dari berbagai daerah hingga negara. Tentunya mereka memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Jadi jangan heran jika Anda satu kamar dengan orang yang hobi ngobrol di malam hari. Untuk itu, gunakan penutup kuping dan mata Anda agar tetap bisa beristirahat.

6. Saling menghargai
Karena Anda akan satu kamar dengan banyak wisatawan lain, pastikan Anda tidak bertingkah sembarangan. Jadilah wisatawan yang peka dengan kebutuhan yang orang lain. Letakkan barang-barang dengan rapi, jangan sampai barang Anda menghalangi jalan orang lain.

7. Lindungi barang-barang berharga
Simpan uang, paspor dan benda berharga Anda lainnya di loker yang sudah disediakan. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan barang-barang berharga Anda di dalam tas kecil dan peluk erat-erat.



(nfl)
dibaca 2.235x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.