Fashion

Tips Padu Padan Memakai Batik

Written by Satrio Elang
BANDUNG - Saat ini, batik sudah menjadi busana yang tidak lagi kuno atau formal. Kain ini bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari dari nongkrong hingga bersantai.

Tapi, tetap saja ada sejumlah orang yang kesulitan menjadikan batik sebagai busana yang praktis dan terkesan informal. Salah satu cara termudahnya adalah memadupadankan batik Anda dengan pakaian lain yang terkesan santai atau kasual.

Nah, agar tampilan busana lebih kasual dan santai dengan mengenakan batik, cara paling mudah adalah memadukan batik dan jeans. Hal tersebut akan menambah Anda terlihat lebih muda dan praktis. Berikut adalah beberapa tips padu padan busana batik dan jeans :

- Jika Anda mengenakan celana jeans sebagai bawahan, sebaiknya Anda mengenakan baju batik yang memiliki lengan pendek dengan desain yang sederhana.

- Padukan warna celana jeans dengan warna batik yang mencolok, agar warnanya tetap seimbang dan terkesan tidak norak.

- Jika kulit Anda berwarna gelap, sebaiknya hindarilah mengenakan batik dengan corak warna yang gelap. Anda pun dapat memilih batik dengan warna yang cerah atau penuh warna warni seperti halnya batik Madura. Hal tersebut tentu akan membuat anda terlihat segar saat mengenakan batik yang berwarna merah, ungu, ataupun hijau yang berlatar putih.

- Agar padu padan batik serta jeans terlihat pas serta sesuai dengan keinginan, pilihlah motif yang sesuai. Jika tubuh Anda besar, sebaiknya hindarilah memilih motif bunga-bunga yang besar karena akan membuat tubuh semakin terlihat besar. Lebih baik jika Anda memilih batik dengan corak bunga yang kecil-kecil sehingga penampilan anda akan terlihat semakin cantik serta ramping.

- Gunakanlah aksesori secara tidak terlalu berlebihan, untuk menghindari ketidak seimbangan pada paduan baju batik dengan celana jeans. Kenakanlah  gelang-gelang yang terbuat dari kayu yang sudah diukir akan memberikan kesan cantik serta manis.



(alv)
dibaca 5.100x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.