Kuliner

Tips Sajikan Kalkun Yang Lembut & Gurih

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Menyajikan menu Special Roast Turkey untuk momen Thanksgiving dan Natal tentu menjadi keunikan tersendiri bagi restoran dengan menu andalan slow-smoked BBQ, Holy Smokes. Lembutnya daging kalkun dengan bumbu yang meresap tentunya mampu memanjakan lidah Anda.

Namun apakah sebenarnya perbedaan dari sajian kalkun dengan ayam? "Pastinya ukurannya lebih besar, tapi seratnya sama. Terus lebih rendah lemak. Kalo turkey baru matang, lebih enak langsung makan di tempat daripada dibawa pulang," ungkap Albert Wijaya, Owner sekaligus Executive Chef Ersons Food saat ditemui di Holy Smokes Wolter Monginsidi, Jakarta Selasa (8/11/2016).

Selain itu, Albert juga menjelaskan cara memasak kalkun yang dimulai dari proses marinasi dengan berbagai bumbu selama berjam-jam, pengisian bagian dalam turkey dengan bawang-bawangan, hingga proses pemanggangan sehingga membuat tekstur kalkun yang lembut dan rasa yang gurih dan meresap.

"Daging turkey di marinadenya nggak cuma rub (dioles) tapi direndam, minimal delapan jam. Jadi supaya lembab dan daging kenyal. Kasih garam, orange juice, kecap asin, gula dan rempah," jelas Albert.

Ia juga menambahkan, di bagian dalam turkeynya diisi dengan onion, celery, garlic, lemon, dan rosemary, jadi lebih meresap dan gurih rasanya. Kemudian dipanggang selama dua sampai tiga jam.



(nfl)
dibaca 1.880x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.