Health

VitalConnect, Stiker Canggih Untuk Pantau Kesehatan Organ Vital

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Sebuah penemuan baru dalam industri kesehatan kembali hadir. VitalConnect, sebuah stiker nirkabel yang didesain dengan gabungan teknologi dari bioteknologi dan data analisis mampu memantau kinerja organ vital seperti jantung dan pernapasan. Dalam penggunaannya, stiker ini hanya perlu ditempel di dada pasien.

Dilansir dari Health, setelah di tempel, nantinya stiker tersebut dengan cepat mengirimkan sinyal berisi data valid dan bisa diakses melalui aplikasi mobile. Meski penggunaanya harus dipantau oleh para ahli, namun Food and Drug Administration menilai stiker ini aman digunakan.

“Alatnya sangat kecil, nyaman dan sangat berguna,” papar CEO perusahaan yang memproduksi alat tersebut, Dr. Nersi Nazari.

Menariknya, stiker ini bisa tahan air. Dengan begitu, saat pasien mandi, tidak perlu membuka stiker tersebut. Selain itu, stiker canggih ini juga bisa digunakan selama empat sampai lima hari. Hadirnya stiker ini pun memudahkan para dokter memantau pasiennya.

Ketika stiker ini terlepas dari dada pasien, dokter tidak perlu merasa khawatir. Paslanya, stiker tersebut mampu memberi sinyal pada dokter atau pihak lainnya. Sementara, untuk analisis data kesehatan pasien, VitalConnect mengembangkan layanan berbasis cloud. Fitur ini pun bisa membantu dokter untuk mengobati pasien atau memutuskan kapan pasien bisa pulang dari rumah sakit.



(nfl)
dibaca 2.789x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.