Health

Waspada! Ini Yang Terjadi Jika Anda Jarang Mandi

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Mandi merupakan cara mudah untuk menjaga tubuh tetap bersih dan terhindar dari berbagai macam bakteri. Namun, waspadalah jika Anda jarang mandi. Pasalnya, ada bahaya mengintai yang diakibatkan dari kebiasaan tersebut.

Dilansir dari Cosmopolitan UK, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh TwentyTwoWords, ada kondisi cukup serius yang terjadi pada tubuh ketika Anda memutuskan untuk tidak mandi. Kondisi ini pun semakin parah jika Anda tidak mandi selama dua hari berturut-turut.

Kondisi pertama yang terjadi adalah pertumbuhan bakteri. Di mana setiap harinya, tubuh manusia membawa 1.000 jenis bakteri, termasuk 40 jenis jamur. Oleh karena itu, untuk mengatasi bakteri jahat penyebab penyakit diperlukan bantuan sabun.

"Anda tidak bisa membuang bakteri buruk jika Anda tidak mandi dan jika bakteri jahat menemukan jalan ke mata, hidung, atau mulut, Anda bisa sakit," papar penelitian tersebut.

Selain menyebabkan penyakit, bakteri dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bau badan. Parahnya, gas yang dilepaskan oleh bakteri bisa menyebabkan sekitar 30 bau tak sedap dari tubuh. Agar terhindar dari bau tak sedap, Anda membutuhkan mandi.

Sementara, dokter kesehatan perempuan, Holly L. Phillips, M.D., menjelaskan bahwa mandi membantu kulit terbebas dari noda dengan mencegah minyak di kulit mengering yang memicu kulit kering, bersisik dan kusam. Bagi Anda yang rajin berolahraga atau beraktivitas di ruang terbuka, penting untuk mandi.

Pasalnya, jika tidak, penyakit kulit seperti infeksi jamur akan mudah menyerang. "Membiarkan tubuh lembab, keringat membasahi pakaian untuk waktu yang lama, dapat mengarah ke iritasi atau kerusakan kulit. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri dan jamur, seperti bakteri Staph atau jamur yang menyebabkan gatal," kata Holly L. Phillips, M.D.

Namun jika Anda harus melewatkan mandi, Phillips menganjurkan untuk mengganti pakaian dan selalu menjaga kebersihan ketiak, pangkal paha dan wajah. Sebab area tersebut rentan terpapar bakteri.



(nfl)
dibaca 5.581x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.