Health

Waspada! Olahraga Pada Penderita Masalah Jantung Picu Kematian

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan. Kegiatan ini pun dipercaya bisa menghindari seseorang dari beragam penyakit. Namun bagi penderita masalah jantung, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas ini.

Pasalnya, penderita masalah jantung seperti gangguan irama yang berujung pada henti jantung bisa menyebabkan kematian mendadak saat olahraga. Oleh karena itu, pasien gangguan jantung atau pada pria berusia di atas 45 tahun dan wanita di atas 55 tahun, wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berolahraga.

"Sebanyak 39% kematian mendadak akibat henti jantung ini terjadi saat bersepeda. Olahraga itu sehat, tapi bisa meningkatkan risiko mati mendadak kalau saat memulai orang ini tidak paham kondisi kesehatan dirinya," papar Dr dr Yoga Yuniadi, SpJP(K) dari RS Harapan Kita di Jakarta.

"Kan ada yang sedang bermain bola misalnya, lalu tiba-tiba meninggal karena henti jantung. Makanya, periksakan kondisi jantung sebelum berolahraga. Sebetulnya semua bisa diatasi jika diberikan treatment yang tepat," pungkasnya.



(nfl)
dibaca 3.044x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.